Rp 200.000
Deskripsi Produk
| Status | Ready |
| Mode | MarketPlace |
| Dikirim Dari | Pembuat |
Ular Tangga Petualangan Ekonomi
Produk ini adalah media pembelajaran visual yang dirancang dalam format permainan Ular Tangga untuk mata pelajaran Ekonomi di tingkat SMA (Kelas X).
📚 Materi dan Konsep Pembelajaran
Materi Pokok: Kegiatan Ekonomi dan Pelaku Ekonomi.
Filosofi & Tujuan Pembelajaran (Tertulis di bagian bawah):
Ekonomi sebagai petualangan dan pilihan.
Interaksi dan Ketergantungan.
Pengambilan Keputusan Rasional.
Papan Permainan: Papan permainan ular tangga ini diisi dengan istilah dan konsep ekonomi, di mana tangga mewakili keberhasilan (kemajuan) dan ular mewakili tantangan/risiko (kemunduran).
Istilah Ekonomi yang Tersebar:
Mulai: "Modal dan Sumber Daya Alam yang Terbatas".
Pemain/Pelaku Ekonomi (di sekitar papan): Pelaku Konsumsi, Produsen.
Lain-lain: Mengambil Investasi, Inflasi Tinggi, Inflasi Stabil, Distribusi Macet, Persiapan Laporan Keuangan, Subsidi Pemerintah.
Kelompok Pelaku Ekonomi (Di bagian bawah): RTK (Rumah Tangga Konsumen), RTP (Rumah Tangga Produsen), RTG (Rumah Tangga Pemerintah - tidak tertulis namun terwakili oleh pihak resmi/regulator), RTLN (Rumah Tangga Luar Negeri).
Selesai: "Kemakmuran Tercapai (100)".
🎨 Desain dan Kelengkapan
Konsep: Media ini dibuat dalam bentuk poster/papan cetak visual yang menarik dan penuh warna.
Media Permainan: Dilengkapi dengan satu buah dadu (terlihat di bagian bawah) untuk menjalankan permainan.
Pencipta: Konsep oleh Tri Purwani, S.Pd. dan Desain oleh Udianto (ART MEDIA).
🎯 Kesimpulan
Produk ini adalah alat bantu mengajar (poster atau board game edukasi) yang memanfaatkan format permainan Ular Tangga untuk membuat pembelajaran konsep-konsep dasar Kegiatan Ekonomi dan Pelaku Ekonomi menjadi lebih dinamis, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa SMA.
